Rabu, 19 November 2008

Teknik Produksi Cabe Merah Keriting dengan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP)

Yaitu menanam cabe dengan menutup tanah tempat tumbuhnya dengan plastik warna hitam dan perak. Salah satu sisi plastik penutup tanah (mulsa) itu berwarna hitam dan sisi lainnya berwarna perak.

Beberapa keuntungan dengan MPHP

*

Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus sebelum tanam.
*

Warna hitam dari mulsa yang dihadapkan ke arah tanah dapat menekan pertumbuhan gulma. Warna perak mulsa dapat memantulkan sinar matahari sehingga memaksimalkan fotosintesis, mengurangi hama aphis, trips, dan tungau serta secara tidak langsung menekan serangan penyakit virus.
*

Suhu dan kelembaban tanah relatif stabil dan menjaga tanah tetap gembur
*

Mencegah tercucinya pupuk oleh air hujan, penguapan unsur hara oleh sinar matahari.
*

Buah cabai yang ditanam terhindar dari percikan air tanah sehingga dapat mengurangi resiko terjangkitnya penyakit busuk buah.
*

Pertumbuhan dan produksi tanaman relatif homogen karena pemupukan dapat lebih merata.
*

Praktis untuk melakukan sterilisasi tanah dengan menggunakan gas fumigan seperti Basamid-G, karena fungsi MPHP mempercepat proses pembentuk gas zat fumigan tanpa harus membeli plastik khusus.
*

Secara ekonomis penggunaan MPHP dapat mengurangi pekerjaan penyiangan dan penggemburan tanah, sehingga biaya MPHP dapat dialokasikan dari biaya pemeliharaan tanaman tersebut.
*

Pada musim kering (kemarau), MPHP dapat menekan penguapan air dalam tanah, sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan penyiraman (pengairan).

Tidak ada komentar: